Selasa, 09 Februari 2010

Apa itu Intranet???



Intranet merupakan jaringan sistem informasi internal suatu perusahaan atau organisasi yang prinsip kerjanya sama dengan internet. Teknologi dan konsep internet seperti client-server dan protokol internet seperti HTTP dan FTP juga digunakan untuk membangun sebuah intranet.

Protokol ini memungkikan suatu komputer mengirim dan memberi alamat data ke komputer lain sekaligus memastikan pengiriman data sampai tujuan dengan tanpa kurang apa pun. lokal yang terhubung ke jaringan internet, untuk melindungi aset sistem informasi dari serangan pihak luar. 
Hal lain yang membedakan internet dengan intranet adalah dari sisi penggunaannya. Aplikasi dan informasi intranet ditujukan bagi kalangan dalam suatu organisasi itu sendiri sementara informasi di suatu situs internet ditujukan bagi kalangan umum.

Komponen pembentuk intranet
Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama dengan komponen pembentuk internet, seperti:
1.      aplikasi browser ( internet exploler, opra, mozilla firefox, netscape)
2.      komputer server
3.      perangkat jaringan
4.      protokol TCP/IP
5.      bahasa pemrograman (html, php, mysql , dll)
6.      komputer client
7.      perangkat bantu pengembang
yang perlu ditambahkan dalam intranet apabila sebagian informasi organisasi tersebut ingin diekspose agar dapat di akses jaringan luar (internet) adalah firewall dan router (intranet ini akan menjadi ekstranet).

Apa keuntungan menggunakan Intranet ini, coba mari kita lihat:
1) Produktifitas Kerja : Intranet membantu pengguna untuk menemukan informasi secara cepat,mengakses database yang diperlukan dan menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaannya.
2) Efisiensi Waktu : Dengan intranet, kepala perusahaan akan lebih cepat menyampaikan informasi kepada karyawan di mana karyawan dapat mengakses informasi sekaligus.
3) Komunikasi : Intranet memberikan fasilitas yang memungkinkan komunikasi efektif di dalam sebuah organisasi.
4) Sistem publikasi web : memungkinkan data - data organisasi / perusahaan diakses secara mudah, misalnya pedoman anggota / karyawan,datakeuntungan, kebijakan perusahaan, dan data pelatihan.
5) Hemat Biaya : pengguna dapat melihat atau membaca data melalui web browser tidak perlu membaca data fisik seperti buku manual, lembaran daftarpermintaan, dan lembaran daftar telepon
6) Meningkatkan Kerjasama :dengan informasi yang mudah di akses oleh semua karyawan resmi (internal), kualitas kerja tim (team work) akan meningkat.

2 komentar:

L U L U mengatakan...

thank you ... :)

u'r article was quite helpful 4 me

Abdul aziz.hk mengatakan...

ya lumayan untuk menambah pengetahuan TIK anne thanks ya ^_^

Renungan Anda

free counters